Pengaruh Kualitas Sistem, Kualitas Informasi dan Kualitas Layanan Terhadap Net Benefit dengan Dimediasi Oleh Kepuasan Pengguna

Authors

  • Fransiscus Amonio Halawa Sekolah Tinggi Manajemen Pariwisata dan Logistik Lentera Mondial

DOI:

https://doi.org/10.3333/lbs.v11i1.68

Keywords:

Kualitas sistem, Kualitas informasi, kualitas pelayanan, net benefit, kepuasan pengguna

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis apakah kualitas sistem, kualitas informasi, kualitas sistem mempengaruhi Kepuasan pengguna MOS pada PT Pelindo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode kuantitatif. Dalam penelitan ini yang menjadi populasi adalah seluruh pengguna MOS, Jumlah sample yang dibutuhkan adalah 96 orang. Akan tetapi sebagai mitigasi Kuesioner yang tidak dapat digunakan, sampel data yang digunakan sebesar 100 orang. Pengujian hipotesis penelitian dilakukan dengan pendekatan Structural Equation Model (SEM) berbasi Partial Least Square (PLS). Hasil Penelitian menunjukan bahwa Kualitas Sistem memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Pengguna, Kualitas Informasi memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Pengguna,Kualitas Layanan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Pengguna, Kualitas Sistem memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Net Benefit, Kualitas Informasi memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Net Benefit, Kualitas Layanan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Net Benefit, dan Kepuasan Pengguna memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Net Benefit penggunaan MOS. Kata kunci

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdillah, Willy dan Jogiyanto. (2014). Konsep & Aplikasi PLS (Partial Least. Square) untuk Penelitian Empiris. Yogyakarta: BPFE.

Agustina, G. R., Susilani, A. T., & Supatman. (2018). Evaluasi Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS) pada Bagian Pendaftaran Rawat Jalan dengan Metode HOT-FIT. Prosiding Seminar Nasional Multimedia & Artificial Intelligence 2018 , 75-80.

Ahmad. (2019). Terapkan Aplikasi MOS, Pelindo II Bisa Efesiensi Hingga Rp2,1 Miliar. Beritatrans.Com.

Andalia, Fanny., dan Eko Budi Setiawan. (2015). Pengembangan Sistem Informasi Penglolahan Data Pencarian Kerja Pada Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kota Padang. Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika. Volume 4, No. 2.

Antasari, K., & Yaniartha Sukartha, P. (2015). Pengaruh Efektivitas Sistem Informasi Akuntansi Dan Penggunaan Teknologi Informasi Pada Kinerja Individual Dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Pemoderasi. E-Jurnal Akuntansi, 10(2), 354–369.

Askuba, A. D. (2018). Pengukuran atas Penerapan Sistem Informasi Perhotelan Bluefish menggunakan Extended Human Organization Technology (HOT) Fit Model (Studi Kasus: PT Karmanta Wijaya Sakti) .

Augusty, Ferdinand. (2006). Metode Penelitian Manajemen: Pedoman Penelitian untuk skripsi, Tesis dan Disertai Ilmu Manajemen. Semarang: Universitas Diponegoro.

Bayu, A., & Muhimmah, I. (2013). Evaluasi Faktor-Faktor Kesuksesan Implementasi Sistem Informasi manajemen Rumah Sakit di PKU Muhammadiyah Sruweng dengan Menggunakan Metode Hot-Fit.

Crosby, lawrence, evans, Kenneth 7 Cowles, Deborah. (1990). Relationships quality in services selling : an interoersonal influence perspective. Journal of Marketing, 54 (July) 68-81

Delone, W.H., McLean, E.R. 1992. Information system success: the quest for the dependent variable, information system research 3, 60 -95.

Edy Hidayat, (2009). Perencanaan, Perancangan dan Pembangunan Pelabuhan. Referensi Kepelabuhanan Seri 03 Edisi II. Jakarta: PT. Pelabuhan Indonesia I, II, III, IV.

Erlirianto, L. M., Ali, A. H. N., & Herdiyanti, A. (2015). The Implementation of the Human, Organization, and Technology-Fit (HOT-Fit) Framework to Evaluate the Electronic Medical Record (EMR) System in a Hospital. Procedia Computer Science, 72, 580–587. https://doi.org/10.1016/j.procs.2015.12.166

Fandy T. dan Gregorius chandra. (2016). Service, Quality & satisfaction. Yogyakarta. Andi.

Ghozali, Imam, Hengky Latan. (2015). Konsep, Teknik, Aplikasi Menggunakan Smart PLS 3.0 Untuk Penelitian Empiris. BP Undip. Semarang

Hair, et al, (2014). Multivariate Data Analysis, New International Edition., New. Jersey : Pearson.

Hussein, A.S. (2015). Penelitian Bisnis dan Manajemen Menggunakan Partial Least Square (PLS) dengan smartPLS 3.0. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya.

Iivari, J. (2005). An Empirical Test of the Model of Information System Success. Data Base Adv. Inf. Syst. Vol. 36(2): 8–27

Ikhza, M., Keke, Y., & Karsafman, T. (2020). Performansi Waiting Time di Pelabuhan Tanjung Priok. Jurnal Manajemen Transportasi & Logistik, 07(03), 238– 252.

Irfiani, E. (2015). Pengaruh Penggunaan Sistem Informasi Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Kasus : PT. Indosat Jakarta). Paradigma, XVII(2), 27–33.

Jeperson Hutahaen. (2015). Konsep Sistem Informasi. cv bUDI uTAMA : Yogyakarta.

Kim, S., Cha, J., Knutson, B. ., & Beck, J. A. (2011). Development and testing of the consumer experience index (CEI). Managing Service Quality, 21(2), 112–132.

Kotler, P. & Keller, K.L. (2012), Manajemen Pemasaran Jilid I Edisi ke 12. Jakarta: Erlangga.

Lasse.D.A.(2014).Manajemen Kepelabuhanan. Jakarta; Raja Grafindo Persada.

Lovelock dan Lauren K. Wright. (2007). Manajemen Pemasaran Jasa, Alih bahasa. Agus Widyantoro, Cetakan Kedua, Jakarta; PT. Indeks

Ningrum, Ika Rosita dan Heru Susilo. (2017). Pengaruh Kualitas Sistem Informasi dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan (Studi pada PT Pembangkitan Jawa Bali Unit Pembangkitan Paiton). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB). Vol.47, No.1.

Oliver, Riscrd L, (2008), Satisfaction A Behavioral Perspective On The. Consumer. McGraw-Hill Education, Singapore.

Ringle, C.M., Sarstedt, M., Mitchell. R., Siegfried P., & Gudergan (2018). Partial least squares structural equation modeling in HRM research. The International Journal of Human Resource Management, DOI: 10.1080/09585192.2017.1416655

Sari, Ika Citra, Ruddy Suwandi, Arif Satria, and Deni Achmad Soeboer. (2016). Peran Approaching Time Dalam Peningkatan Pelayanan Jasa Pemanduan Kapal Di Pelabuhan Utama Tanjung Priok. Jurnal Teknologi Perikanan dan Kelautan 7(2): 191–98.

Schiffman, Leon dan Leslie Lazar Kanuk. (2008). Perilaku Konsumen. Jakarta: PT. Indeks.

Yusof, M. (2006). HOT-fit Evaluation Framework: Validation Using Case Studies and Qualitative Systematic Review in Health Information Systems Evaluation Adoption. Proceedings of the 5th European Conference on Information Management and Evaluation.

Downloads

Published

2025-03-04

How to Cite

Halawa, F. A. (2025). Pengaruh Kualitas Sistem, Kualitas Informasi dan Kualitas Layanan Terhadap Net Benefit dengan Dimediasi Oleh Kepuasan Pengguna. Jurnal Lemondial Business School, 11(1), 25–39. https://doi.org/10.3333/lbs.v11i1.68