Strategi Promosi Café Rasa Koffie Melalui Teknik Sales Promotion, Personal Selling dan Direct and Digital Marketing Untuk Meningkatkan Penjualan

Authors

  • Antonia Maurra Habirowo Sekolah Tinggi Manajemen Pariwisata dan Logistik Lentera Mondial

Keywords:

Cafe, Direct dan Digital Marketing, Personal Selling, Sales Promotion, Strategi Promosi

Abstract

Dalam era globalisasi yang penuh persaingan di sektor pariwisata, termasuk bisnis kafe, terjadi evolusi dari sekedar menyajikan kopi, menjadi tempat bersantai. Dalam persaingan bisnis, terutama di bidang kuliner seperti kafe, strategi pemasaran yang tepat menjadi penting. Rasa Koffie, kafe yang muncul selama pandemi dan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), berhasil mempertahankan rata-rata penjualan harian 18%, menunjukkan kebutuhan akan strategi promosi kuat di tengah pembatasan. Penelitian ini meneliti strategi promosi yang digunakan oleh Rasa Koffie dalam bertahan, menggunakan metode kualitatif dengan data primer dari studi pustaka dan wawancara kepada pemilik dan pegawai Rasa Koffie. Analisis menunjukkan bahwa Rasa Koffie berhasil mengimplementasikan strategi periklanan yang efektif dengan menggabungkan pendekatan online dan offline serta media yang tepat. Ini mencapai tujuan periklanan dan dampak positif pada konsumen, serta menciptakan pengalaman emosional yang menguatkan hubungan antara kafe, karyawan, dan pelanggan. Melalui promosi seperti diskon, pendekatan personal, tawaran menu spesial, serta adaptasi cerdas terhadap tren digital dan kemitraan dengan influencer melalui media sosial, Rasa Koffie berhasil membangun citra merek yang positif dan menarik bagi konsumen.
Kata Kunci : Cafe; Direct dan Digital Marketing; Personal Selling; Sales Promotion; Strategi Promosi

Downloads

Download data is not yet available.

References

Almunida, A. A. (2022). PENGARUH KUALITAS PRODUK, LOKASI, HARGA, DAN KUALITAS LAYANAN, TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DIDISTRICT COFFEE BANJARBARU (Doctoral dissertation, Universitas Islam Kalimantan MAB).

Ambarsari, K. T. (2021). Penegakan Hukum Administratif Terhadap Pelaku Usaha Coffee Shop di Kota Surabaya Terkait Kewajiban Mempunyai Tanda Daftar Usaha Pariwisata. NOVUM: JURNAL HUKUM, 8(1), 1-12.

Amin, M. S., & Widaningsih, S. (2021). Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Bisnis Jasa Bimbingan Belajar Privat Expert Course Bandung 2020). eProceedings of Applied Science, 7(4).

Angriani, A. (2018). Pengaruh Varian Menu dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian pada Catering Ukhuwah Di Makassar. Universitas Muhammadiyah Makassar.

Ani, S. (2021). STRATEGI PROMOSI SHIROKUMA CAFE DI MASA PANDEMI. Jurnal Hospitality Dan Pariwisata, 7(2).

Budiman, J., & Marvina, J. (2021, May). Penerapan Promotional Mix Pada Coffee Connect. In ConCEPt-Conference on Community Engagement Project (Vol. 1, No. 1, pp. 2478-2485).

Chrisnada, S. (2022). Pengaruh Electronic Word of Mouth di Instagram dan Sales Promotion terhadap Minat Beli Konsumen Bittersweet by Najla/Stephen Chrisnada/29180294/Pembimbing: Morryessa Brandinie.

Dermawansyah, M., & Rizqi, R. M. (2021). Analisis strategi komunikasi pemasaran melalui digital marketing pada home industri kopi Cahaya Robusta Sumbawa. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 4(1), 46-51.

Devanty, k. (2022, November 24). Cafe, Coffee Shop : Sejarah, Fungsi, Cara Penyajian, Konsep, Contoh Menu. Retrieved from interior design.id: https://interiordesign.id/cafe-coffee-shop-sejarah-fungsi-cara-penyajian- konsep-contoh-menu/

Dzikrayaat Business Center Ponorogo. JAPP: JURNAL AKUNTANSI, PERPAJAKAN, DAN PORTOFOLIO, 2(1), 29-45.

Ervandi, M. Z., & Nainggolan, R. (2021). Pengaruh Personal Selling Dan Direct Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Pada Konsumen Thai Tea di Surabaya. PERFORMA: Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis, 6(2), 152- 161.

Fathanul, V. (2022). Pengaruh Strategi Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian BTS Meal McDonald's. (Studi Kasus Di Wilayah Cakung Jakarta Timur) (Doctoral dissertation, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta).

Gracia, M. (2020). Pengaruh Promosi Penjualan dan Kualitas Layanan terhadap Minat Pembelian Kembali konsumen Go Food Jakarta/Monica Gracia/20160035/Pembimbing: Bilson Simamora.

Hadianto, D. K. (2023). MARKETING COMMUNICATION MIX TERHADAP KEPUTUSAN PENGGUNAAN TRANSPORTASI ONLINE GOJEK DI JAKARTA TIMUR (Doctoral dissertation, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta).

Haitami, F., & Napisah, S. (2022). Analisis Penerapan Strategi Promosi Dalam Meningkatkan Penjualan Pada Usaha Cafe di Kecamatan Sungailiat (Studi Kasus). JEM Jurnal Ekonomi dan Manajemen, 8(1), 99-112.

Herawati, Nopri, (2021), ‘Proses Komunikasi Promosi Sales Promotion Dalam Meningkatkan Minat Beli Konsumen di Masa Pandemi Covid-19’, Jurnal Ilmu Komunikasi UIN Raden Fatah Palembang.

Julitawaty, W., Willy, F., & Goh, T. S. (2020). Pengaruh personal selling dan promosi penjualan terhadap efektifitas penjualan ban sepeda motor pt. Mega anugrah mandiri. Jurnal Bisnis Kolega.

Ningsih, S. A. W. (2018). Pengaruh Sales Promotion Terhadap Tujuan Penjualan Pada Dealer Mobil Toyota Avanza Merdeka Motor Bandung (Doctoral dissertation, Perpustakaan).

Patmala, H. S., & Fatihah, D. C. (2021). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian di UKM Mart Kartika Widya Utama. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 5(3), 1154-1170.

Philip Kotler, G. A. (2018). Principles of Marketing. United Kingdom: Pearson. Pramesti, R. W. (2022). Penerapan Metode Peramalan (Forecast) Penjualan pada

Rokhim, A. (2019). Pengaruh Advertising, Sales Promotion, Dan Public Relations Terhadap Keputusan Menabung Di Pt. Bpr Sentral Arta Asia Lumajang.

Saputra, M., & De Yusa, V. (2019). Analisis Efektivitas Iklan dan Brand Awareness Program Pascasarjana IIB Darmajaya Di Bandar Lampung. DERIVATIF: Jurnal Manajemen, 13(2).

Situmorang, J. M. H., Novania, R., & Natalia, C. (2021). Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Keputusan Pembelian Konsumen Generasi Z Di Restoran Wilayah Kelapa Gading. Journal FAME: Journal Food and Beverage, Product and Services, Accomodation Industry, Entertainment Services, 4(1), 26-37.

Susilowati, I. H. (2023). Bauran Promosi Sebagai Media Komunikasi Pasca Pandemi Covid 19 pada Syuger Café. Perspektif: Jurnal Ekonomi dan Manajemen Akademi Bina Sarana Informatika, 21(1), 69-78.

Victoria, M., & Purwianti, L. (2022). Penerapan Strategi Digital Marketing pada UMKM Board Games Cafe. Jurnal Pengabdian Masyarakat Akademisi, 1(4), 60-66.

Vivi Kumalasari Subroto S.E, M. (2021, September 1). Universitas Stekom. Retrieved from Universitas Stekom Praktis/d74aeeb6ca63517fb94703c01226b1709d3ceb0d

Downloads

Published

2023-09-21

How to Cite

adminojs, A. M. H. (2023). Strategi Promosi Café Rasa Koffie Melalui Teknik Sales Promotion, Personal Selling dan Direct and Digital Marketing Untuk Meningkatkan Penjualan. Jurnal Lemondial Business School, 9(3). Retrieved from https://e-journal.lemondial.ac.id/index.php/smc/article/view/43