Efektivitas Kurikulum Pendidikan Tinggi dalam Mempersiapkan Sekretaris untuk Industri Perhotelan
DOI:
https://doi.org/10.3333/lbs.v11i1.73Keywords:
efektivitas kurikulum, sekretari, industri perhotelan, perguruan tinggiAbstract
Penelitian ini mengevaluasi efektivitas kurikulum Program Studi DIII Sekretari di Sekolah Tinggi Manajemen Pariwisata dan Logistik Lentera Mondial dalam mempersiapkan lulusan untuk berkarir di industri perhotelan. Menggunakan metode kombinasi kualitatif dan kuantitatif, penelitian ini melibatkan survei terhadap 150 alumni dan wawancara dengan 10 praktisi industri. Hasil menunjukkan bahwa 78% alumni merasa telah memperoleh keterampilan yang diperlukan, tetapi hanya 65% yang merasa kurikulum mempersiapkan mereka dengan baik untuk tantangan di dunia kerja. Umpan balik dari Atasan mengindikasikan bahwa lulusan memiliki keterampilan komunikasi yang baik, namun perlu meningkatkan keterampilan manajemen waktu dan penggunaan teknologi informasi. Dengan tingkat penyerapan kerja lulusan mencapai 88%, penelitian ini merekomendasikan peningkatan komponen praktis dalam kurikulum, pembaruan materi untuk mencakup teknologi terkini, dan penguatan kemitraan dengan industri untuk meningkatkan kesiapan lulusan di pasar kerja.
Downloads
References
Abdi, I. Y. R. (2020). Peningkatan Kualitas SDM Pengelola Perhotelan dalam Mengembangkan SDM Hotel di Kota Makassar: Studi Empiris Politeknik Pariwisata Makassar. Jurnal Pendidikan, 99, 77-87.
Azzahra, N., Rahman, A., & Sari, D. (2021). The Role of Industry Collaboration in Curriculum Development for Hospitality Education. Journal of Hospitality and Tourism Education, 33(2), 123-135.
Endaryanti, D., & Riawan, A. (2021). Peran Pengalaman On the Job Training dalam Memperkuat Kesiapan Kerja Mahasiswa Diploma Tiga Perhotelan. Jurnal Mandala Bhakti, 64, 50-60.
Hidayati, N., & Supriyadi, A. (2020). The Impact of Responsive Curriculum on Graduate Competitiveness in Hospitality Industry. International Journal of Hospitality Management, 89, 102-110.
Husain, M. (2020). Evaluating the Effectiveness of Higher Education Curriculum in Hospitality Management. Journal of Education and Practice, 11(5), 45-56.
Kolb, D. A. (1984). *Experiential Learning: Experience as the Source of Learning
Sari, D. A. (2022). Relevansi Kurikulum Jurusan Perhotelan Kompetensi Hotel Staff BLKPP Provinsi DIY terhadap Standar Kompetensi yang Dibutuhkan Dunia Industri. Jurnal Teknologi Pendidikan, 17630, 16996-17010.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Lemondial Business School

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Internasional Journal of Disabilities and Social Inclusion (IJODASI) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Articles in this journal are Open Access articles published under the Creative Commons CC BY-NC-SA License This license permits use, distribution and reproduction in any medium for non-commercial purposes only, provided the original work and source is properly cited.
Any derivative of the original must be distributed under the same license as the original.