Efektivitas Kurikulum Pendidikan Tinggi dalam Mempersiapkan Sekretaris untuk Industri Perhotelan

Penulis

  • Launrensius Renald Diansilves Sekolah Tinggi Manajemen Pariwisata dan Logistik Lentera Mondial
  • Runi Yulianti Togubu Sekolah Tinggi Manajemen Pariwisata dan Logistik Lentera Mondial
  • Rahmat Darmawan Sekolah Tinggi Manajemen Pariwisata dan Logistik Lentera Mondial
  • Leonard Siahaan Sekolah Tinggi Manajemen Pariwisata dan Logistik Lentera Mondial

DOI:

https://doi.org/10.3333/lbs.v11i1.73

Kata Kunci:

efektivitas kurikulum, sekretari, industri perhotelan, perguruan tinggi

Abstrak

Penelitian ini mengevaluasi efektivitas kurikulum Program Studi DIII Sekretari di Sekolah Tinggi Manajemen Pariwisata dan Logistik Lentera Mondial dalam mempersiapkan lulusan untuk berkarir di industri perhotelan. Menggunakan metode kombinasi kualitatif dan kuantitatif, penelitian ini melibatkan survei terhadap 150 alumni dan wawancara dengan 10 praktisi industri. Hasil menunjukkan bahwa 78% alumni merasa telah memperoleh keterampilan yang diperlukan, tetapi hanya 65% yang merasa kurikulum mempersiapkan mereka dengan baik untuk tantangan di dunia kerja. Umpan balik dari Atasan mengindikasikan bahwa lulusan memiliki keterampilan komunikasi yang baik, namun perlu meningkatkan keterampilan manajemen waktu dan penggunaan teknologi informasi. Dengan tingkat penyerapan kerja lulusan mencapai 88%, penelitian ini merekomendasikan peningkatan komponen praktis dalam kurikulum, pembaruan materi untuk mencakup teknologi terkini, dan penguatan kemitraan dengan industri untuk meningkatkan kesiapan lulusan di pasar kerja.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Abdi, I. Y. R. (2020). Peningkatan Kualitas SDM Pengelola Perhotelan dalam Mengembangkan SDM Hotel di Kota Makassar: Studi Empiris Politeknik Pariwisata Makassar. Jurnal Pendidikan, 99, 77-87.

Azzahra, N., Rahman, A., & Sari, D. (2021). The Role of Industry Collaboration in Curriculum Development for Hospitality Education. Journal of Hospitality and Tourism Education, 33(2), 123-135.

Endaryanti, D., & Riawan, A. (2021). Peran Pengalaman On the Job Training dalam Memperkuat Kesiapan Kerja Mahasiswa Diploma Tiga Perhotelan. Jurnal Mandala Bhakti, 64, 50-60.

Hidayati, N., & Supriyadi, A. (2020). The Impact of Responsive Curriculum on Graduate Competitiveness in Hospitality Industry. International Journal of Hospitality Management, 89, 102-110.

Husain, M. (2020). Evaluating the Effectiveness of Higher Education Curriculum in Hospitality Management. Journal of Education and Practice, 11(5), 45-56.

Kolb, D. A. (1984). *Experiential Learning: Experience as the Source of Learning

Sari, D. A. (2022). Relevansi Kurikulum Jurusan Perhotelan Kompetensi Hotel Staff BLKPP Provinsi DIY terhadap Standar Kompetensi yang Dibutuhkan Dunia Industri. Jurnal Teknologi Pendidikan, 17630, 16996-17010.

Unduhan

Diterbitkan

2025-03-04

Cara Mengutip

Launrensius Renald Diansilves, Runi Yulianti Togubu, Rahmat Darmawan, & Siahaan, L. (2025). Efektivitas Kurikulum Pendidikan Tinggi dalam Mempersiapkan Sekretaris untuk Industri Perhotelan. Journal Management SMC, 11(1), 92–101. https://doi.org/10.3333/lbs.v11i1.73

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>