Pengaruh Customer Experience dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Perusahaan Travelio

Authors

  • Indriyani Sekolah Tinggi Manajemen Pariwisata dan Logistik Lentera Mondial
  • Milawati Sekolah Tinggi Manajemen Pariwisata dan Logistik Lentera Mondial

DOI:

https://doi.org/10.3333/lbs.v11i2.102

Keywords:

Customer Experience,, Kepuasan Pelanggan, Loyalitas Pelanggan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh customer experience dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan pada Perusahaan Travelio. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan populasi pelanggan Travelio, dan diperoleh sampel sebanyak 165 responden. Analisis data dilakukan dengan regresi linier berganda menggunakan SPSS 27.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa customer experience dan kepuasan pelanggan berpengaruh signifikan baik secara parsial maupun simultan terhadap loyalitas pelanggan. Nilai koefisien determinasi (R²) sebesar 0,843 yang berarti 84,3% variabel loyalitas pelanggan dapat dijelaskan oleh customer experience dan kepuasan pelanggan, sedangkan sisanya 15,7% dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian ini. Temuan ini menegaskan pentingnya pengalaman positif dan kepuasan pelanggan dalam membangun loyalitas konsumen di industri penyewaan properti online.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Citra, M. (2022). The Effect of Prior Experience and Trust on Cus6tomer Loyalty with Satisfaction as an Intervening Variable. International Journal of Community Service, 01(01), 2. https://doi.org/10.55299/ijcs.v1i2.219

Claudia Yosephine Simanjuntak, D., & Yanti Purba, P. (2020). Understanding Customer Satisfaction and Loyalty: An Empirical Study Of Mobile Instant Messages In China. In International Journal of Information Management (Vol. 7, Issue 2). http://jurnal.unmer.ac.id/index.php/jbm

Enhancing Customer Loyalty Through Quality Of Service: Effective Strategies To Improve Customer Satisfaction, Experience, Relationship, And Engagement. (2023). International Research Journal of Modernization in Engineering Technology and Science. https://doi.org/10.56726/irjmets38104

Jelita Gomoi Johny E Tampi Aneke Y Punuindoong Program Studi Administrasi Bisnis Jurusan Ilmu Administrasi, N. R. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Pengalaman Konsmen Terhadap Kepuasan Konsumen (Pasien) Rawat Inap Irina C Rumah Sakit Umum Pusat Prof. Dr. R. D. Kandou Manado. In Productivity (Vol. 2, Issue 6).

Putri, N. S., & Sarwoko, E. (2022). Service Quality, Experiential Marketing dan Customer Satisfication Pengguna Gojek. Jurnal Studi Manajemen Dan Bisnis, 9(1), 78–84. https://doi.org/10.21107/jsmb.v9i1.15033

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alphabeta.

Tjahjaningsih, E., Widyasari, S., Maskur, A., & Kusuma, L. (2021). The Effect of Customer Experience and Service Quality on Satisfaction in Increasing Loyalt

Azhari, Muhammad Iqbal, Dahlan Fanani, and M. Kholid Mawardi. "Pengaruh Customer Experience Terhadap Kepuasan Pelanggan Dan Loyalitas Pelanggan (Survei pada Pelanggan KFC Kawi Malang)." Jurnal Administrasi Bisnis 28.1 (2015).

Udayana, I. B. N., Cahya, A. D., & Kristiani, F. A. (2022). Pengaruh Customer Experience Dan Service Quality Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening (Studi pada The Praja Coffee & Resto). Scientific Journal of Reflection: Economic, Accounting, Management and Business, 5(1), 173-179.

Pratama, R., & Adriyanto, A. T. (2023). Pengaruh Customer Experience dan Customer Value Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening Studi pada Pelanggan di Bengkel Ravi Motor Juwana-Pati. Jurnal Bisnis dan Manajemen, 10(2), 241-250.

Nirawati, L., Pratiwi, A. D., Mutiahana, A., & Afida, E. A. (2020). Pengaruh Kepercayaan Konsumen Dan Pengalaman Pelanggan (Customer Experience) Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Aplikasi Shopee. Jurnal Syntax Transformation, 1(09), 624-631.

Agustiono, A., Listyorini, S., & Nugraha, H. S. (2022). Pengaruh customer experience terhadap customer loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan sebagai variabel intervening (Studi pada masyarakat Semarang pengguna LinkAja). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 11(2), 244-256.

Published

2025-09-04

How to Cite

Indriyani, & Milawati. (2025). Pengaruh Customer Experience dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Perusahaan Travelio. Jurnal Manajemen, Pariwisata Dan Logistik, 11(2), 113–127. https://doi.org/10.3333/lbs.v11i2.102

Most read articles by the same author(s)