Dampak Covid-19 Terhadap Penjualan Paket Wisata Tahun 2023 di Golden Rama Tours and Travel

Authors

  • Diyan Putranto Sekolah Tinggi Manajemen Pariwisata dan Logistik Lentera Mondial
  • Runi Yulianti Togubu Sekolah Tinggi Manajemen Pariwisata dan Logistik Lentera Mondial
  • Milawati Sekolah Tinggi Manajemen Pariwisata dan Logistik Lentera Mondial

Keywords:

Penjualan, Paket Wisata, Covid 19, Travel

Abstract

Kegiatan wisata adalah suatu kegiatan perjalanan baik individu maupun grup dari tempat tinggal menuju tempat tertentu untuk mendapatkan pengalaman diluar aktivitas kesehariannya dalam waktu yang sementara . Kegiatan wisata dilakukan bukan di rumah atau di kediaman si pelaku kegiatan melainkan di suatu tempat tujuan tertentu, sehingga kegiatan tersebut memerlukan proses perjalanan, baik menggunakan media (transportasi darat/laut/udara) maupun tidak. Oleh karena itu, terdapat keterkaitan antara kegiatan wisata dengan kegiatan perjalanan (travel). Keterkaitan tersebut adalah wisatawan yang melakukan perjalanan dari tempat tinggal ke tempat tujuan bukan hanya melakukan perjalanan saja, tetapi wisatawan tersebut dalam perjalanannya mendapatkan pengalaman wisata sehingga keterkaitan kedua kegiatan tersebut adalah bahwa kegiatan wisata termasuk dalam kegiatan perjalanan, tetapi tidak semua kegiatan perjalanan merupakan kegiatan wisata. Adapun metode penelitian ini yaitu penelitian kualitatif deskriptif. Subjek dari penelitian ini adalah pelaku Golden Rama Tours and Travel.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Center for Strategic & International Studies. (2021), Southeast Asia Covid-19 Tracker.

Damastika, Ardamika Anggara. (2013). Sistem Informasi Penjualan Paket Wisata Berbasis E-Tourism Kabupaten Pacitan. STMIK Sinar Nusantara Surakarta

Detik.com (2021). Apa itu Lockdown:Pengertian dan Dampaknya”.

Egsaugm (2021). Pariwisata Indonesia di Tengah Pandemi. https://egsa.geo.ugm.ac.id/2021/02/11/pariwisata-indonesia-di-tengah-pandemi/

Evita Oktaviana (2018). Apa Kelebihan dan Kekurangan Paket Tour dalam Melakukan Perjalanan Wisata? https://www.dictio.id/t/apa-kelebihan-dan-kekurangan-paket-tour-dalam-melakukan-perjalanan-wisata/18348

Hanoatubun, S., (2020) Dampak Covid-19 Terhadap Perekonomian Indonesia. Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1): 146-153.

Hidayah, Nurdin. (2019). Pemasaran Destinasi Pariwisata. Bandung; Alfabeta

Iskandar, A., Possumah, B.T., Aqbar, K., (2020), Peran Ekonomi dan Keuangan Sosial Islam Saat Pandemi Covid-19. Jurnal Sosial & Budaya Syar’i, 7(7): 625-638.

Misno, A.B.P., Junediyono., Nurhadi., et al, (2020). Covid-19, Pustaka Amma Alamiah, ISBN: 978-623-92323-5-1.

Mohammad D. Revindo, Muhamad Sowwam, Syahda Sabrina, (2020). Briefing Note April 2020. Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Pariwisata Indonesia:Tantangan, Outlook, dan Respon Kebijakan.

Nasa. (2021). Pengertian Biro Perjalanan Wisata, Lengkap dengan Tugas beserta Fungsinya. https://www.diadona.id/travel/pengertian-biro-perjalanan-wisata-lengkap-dengan-tugas-beserta-fungsinya-2102232.html.

Downloads

Published

2024-03-07

How to Cite

Diyan Putranto, Togubu, R. Y., & Milawati. (2024). Dampak Covid-19 Terhadap Penjualan Paket Wisata Tahun 2023 di Golden Rama Tours and Travel. Jurnal Lemondial Business School, 9(4). Retrieved from https://e-journal.lemondial.ac.id/index.php/smc/article/view/48

Most read articles by the same author(s)