Dampak Covid-19 Terhadap Penjualan Paket Wisata Tahun 2023 di Golden Rama Tours and Travel
Keywords:
Penjualan, Paket Wisata, Covid 19, TravelAbstract
Kegiatan wisata adalah suatu kegiatan perjalanan baik individu maupun grup dari tempat tinggal menuju tempat tertentu untuk mendapatkan pengalaman diluar aktivitas kesehariannya dalam waktu yang sementara . Kegiatan wisata dilakukan bukan di rumah atau di kediaman si pelaku kegiatan melainkan di suatu tempat tujuan tertentu, sehingga kegiatan tersebut memerlukan proses perjalanan, baik menggunakan media (transportasi darat/laut/udara) maupun tidak. Oleh karena itu, terdapat keterkaitan antara kegiatan wisata dengan kegiatan perjalanan (travel). Keterkaitan tersebut adalah wisatawan yang melakukan perjalanan dari tempat tinggal ke tempat tujuan bukan hanya melakukan perjalanan saja, tetapi wisatawan tersebut dalam perjalanannya mendapatkan pengalaman wisata sehingga keterkaitan kedua kegiatan tersebut adalah bahwa kegiatan wisata termasuk dalam kegiatan perjalanan, tetapi tidak semua kegiatan perjalanan merupakan kegiatan wisata. Adapun metode penelitian ini yaitu penelitian kualitatif deskriptif. Subjek dari penelitian ini adalah pelaku Golden Rama Tours and Travel.
Downloads
References
Center for Strategic & International Studies. (2021), Southeast Asia Covid-19 Tracker.
Damastika, Ardamika Anggara. (2013). Sistem Informasi Penjualan Paket Wisata Berbasis E-Tourism Kabupaten Pacitan. STMIK Sinar Nusantara Surakarta
Detik.com (2021). Apa itu Lockdown:Pengertian dan Dampaknya”.
Egsaugm (2021). Pariwisata Indonesia di Tengah Pandemi. https://egsa.geo.ugm.ac.id/2021/02/11/pariwisata-indonesia-di-tengah-pandemi/
Evita Oktaviana (2018). Apa Kelebihan dan Kekurangan Paket Tour dalam Melakukan Perjalanan Wisata? https://www.dictio.id/t/apa-kelebihan-dan-kekurangan-paket-tour-dalam-melakukan-perjalanan-wisata/18348
Hanoatubun, S., (2020) Dampak Covid-19 Terhadap Perekonomian Indonesia. Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1): 146-153.
Hidayah, Nurdin. (2019). Pemasaran Destinasi Pariwisata. Bandung; Alfabeta
Iskandar, A., Possumah, B.T., Aqbar, K., (2020), Peran Ekonomi dan Keuangan Sosial Islam Saat Pandemi Covid-19. Jurnal Sosial & Budaya Syar’i, 7(7): 625-638.
Misno, A.B.P., Junediyono., Nurhadi., et al, (2020). Covid-19, Pustaka Amma Alamiah, ISBN: 978-623-92323-5-1.
Mohammad D. Revindo, Muhamad Sowwam, Syahda Sabrina, (2020). Briefing Note April 2020. Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Pariwisata Indonesia:Tantangan, Outlook, dan Respon Kebijakan.
Nasa. (2021). Pengertian Biro Perjalanan Wisata, Lengkap dengan Tugas beserta Fungsinya. https://www.diadona.id/travel/pengertian-biro-perjalanan-wisata-lengkap-dengan-tugas-beserta-fungsinya-2102232.html.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jurnal Manajemen Lemondial Business School
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Internasional Journal of Disabilities and Social Inclusion (IJODASI) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Articles in this journal are Open Access articles published under the Creative Commons CC BY-NC-SA License This license permits use, distribution and reproduction in any medium for non-commercial purposes only, provided the original work and source is properly cited.
Any derivative of the original must be distributed under the same license as the original.