Peran Housekeeping Menghadapi Komplain Tamu Kamar Hunian di Myhotel Jakarta Barat

Peran Housekeeping Menghadapi Komplain Tamu Kamar Hunian di Myhotel Jakarta Barat

Penulis

  • Agnes Vicky Sekolah Tinggi Manajemen Pariwisata dan Logistik Lentera Mondial
  • Diyan Putranto Sekolah Tinggi Manajemen Pariwisata dan Logistik Lentera Mondial
  • Milawati Sekolah Tinggi Manajemen Pariwisata dan Logistik Lentera Mondial

Abstrak

Sektor pariwisata di Indonesia merupakan salah satu pendapatan terbesar yang sedang mengalami pertumbuhan. Salah satu bagian dari pariwisata adalah perhotelan. Hotel tidak bisa dipisahkan dari pariwisata karena sebagai penunjang perjalanan liburan seseorang. Hotel adalah jenis akomodasi yang menggunakan sebagian atau seluruh bagian untuk menyediakan jasa penginapan, makanan dan minuman serta jasa penunjang lainnya yang dikelola secara komersial. MyHotel adalah sebuah jasa akomodasi di Jakarta Barat yang menawarkan kamar dengan harga murah. Hotel berbintang tiga ini adalah tempat yang strategis bagi siapapun yang ingin berlibur atau berwisata di Kota Jakarta. Demi menunjang sisi komersial, manajemen MyHotel memperhatikan banyak hal termasuk aspek kebersihan. Kebersihan menjadi faktor penunjang sebuah hotel itu layak dikunjungi atau tidak. Di sini departement housekeeping memiliki peranan penting. Mereka bertugas merawat, membersihkan, membuat rapih seluruh isi hotel agar memberi dampak positif bagi para pengunjung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan memperhatikan situasi sosial yang terdiri dari tempat, pelaku, dan aktivitas.
Kata kunci: House Keeping, Kamar Hunia, Myhotel.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Agus, Sulastiyono. (2011). Manajemen Penyelanggaraan Hotel. Bandung: Alfabeta.

Bagyono. (2008). Housekeeping Hotel Problem Solving & Terminologi. Bandung: Alfabeta.

M. Nur Rianto.(2010). Dasar-Dasar Pemasaran Bank Syari’ah. Bandung: Alfabeta.

Rumekso. (2005). Housekeeping Floor Section. Yogyakarta: Penerbit Andi Offset.

Rumekso. (2008). Housekeeping Public Area. Yogyakarta: Penerbit Andi Offset.

Sugiyono. (2008).Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sulistyono, Agus. (2007). Teknik dan Prosedur Divisi Kamar Pada Bidang Hotel. Bandung: Alfabeta.

Sulastiono. (2011). Housekeeping Hotel. Bandung: Alfabeta.

Wisnu. HS. (2006). Housekeeping Department Floor and Public Area. Edisi I. Bandung: Alfabeta.

Diterbitkan

2023-09-21

Cara Mengutip

Vicky, A., Putranto, D., & Milawati. (2023). Peran Housekeeping Menghadapi Komplain Tamu Kamar Hunian di Myhotel Jakarta Barat: Peran Housekeeping Menghadapi Komplain Tamu Kamar Hunian di Myhotel Jakarta Barat. Journal Management SMC, 9(3). Diambil dari https://e-journal.lemondial.ac.id/index.php/smc/article/view/42

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama