Peran Housekeeping Menghadapi Komplain Tamu Kamar Hunian di Myhotel Jakarta Barat
Peran Housekeeping Menghadapi Komplain Tamu Kamar Hunian di Myhotel Jakarta Barat
Abstrak
Sektor pariwisata di Indonesia merupakan salah satu pendapatan terbesar yang sedang mengalami pertumbuhan. Salah satu bagian dari pariwisata adalah perhotelan. Hotel tidak bisa dipisahkan dari pariwisata karena sebagai penunjang perjalanan liburan seseorang. Hotel adalah jenis akomodasi yang menggunakan sebagian atau seluruh bagian untuk menyediakan jasa penginapan, makanan dan minuman serta jasa penunjang lainnya yang dikelola secara komersial. MyHotel adalah sebuah jasa akomodasi di Jakarta Barat yang menawarkan kamar dengan harga murah. Hotel berbintang tiga ini adalah tempat yang strategis bagi siapapun yang ingin berlibur atau berwisata di Kota Jakarta. Demi menunjang sisi komersial, manajemen MyHotel memperhatikan banyak hal termasuk aspek kebersihan. Kebersihan menjadi faktor penunjang sebuah hotel itu layak dikunjungi atau tidak. Di sini departement housekeeping memiliki peranan penting. Mereka bertugas merawat, membersihkan, membuat rapih seluruh isi hotel agar memberi dampak positif bagi para pengunjung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan memperhatikan situasi sosial yang terdiri dari tempat, pelaku, dan aktivitas.
Kata kunci: House Keeping, Kamar Hunia, Myhotel.
Unduhan
Referensi
Agus, Sulastiyono. (2011). Manajemen Penyelanggaraan Hotel. Bandung: Alfabeta.
Bagyono. (2008). Housekeeping Hotel Problem Solving & Terminologi. Bandung: Alfabeta.
M. Nur Rianto.(2010). Dasar-Dasar Pemasaran Bank Syari’ah. Bandung: Alfabeta.
Rumekso. (2005). Housekeeping Floor Section. Yogyakarta: Penerbit Andi Offset.
Rumekso. (2008). Housekeeping Public Area. Yogyakarta: Penerbit Andi Offset.
Sugiyono. (2008).Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Sulistyono, Agus. (2007). Teknik dan Prosedur Divisi Kamar Pada Bidang Hotel. Bandung: Alfabeta.
Sulastiono. (2011). Housekeeping Hotel. Bandung: Alfabeta.
Wisnu. HS. (2006). Housekeeping Department Floor and Public Area. Edisi I. Bandung: Alfabeta.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Journal Management SMC
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Internasional Journal of Disabilities and Social Inclusion (IJODASI) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Articles in this journal are Open Access articles published under the Creative Commons CC BY-NC-SA License This license permits use, distribution and reproduction in any medium for non-commercial purposes only, provided the original work and source is properly cited.
Any derivative of the original must be distributed under the same license as the original.