Design picker trolly at e-commerce industries
Kata Kunci:
Kansei Engineering, Kansei Word, Picker, Troli, E-CommerceAbstrak
Penelitian dalam konteks Kansei Engineering, sejauh ini sudah banyak dilakukan oleh berbagai peneliti nasional maupun global. Fokus utamanya ialah mengenai konsep produk dengan pertimbangan perasaan emosional dan keinginan pengguna. Penelitian ini dasar untuk implementasi Kansei Engineering sebagai metode untuk membuat produk troli yang tepat guna. Troli yang sudah ada selama ini di rasa masih dirasakan atas keluhan – keluhan yang disampaikan oleh picker operator sebagai landasan informasi untuk melakukan perbaikan proses, hal itu timbul adanya gagasan untuk melakukan reduce terhadap keluhan si pengguna. Umumnya awal langkah penelitian dilakukan dengan mencari Kansei Word yang sesuai dengan keinginan pengguna dan didapatlah 20 Kansei Word, melalui kuisioner untuk menguji kesesuaian konteks dengan keinginan pengguna. Perlu juga dilakukan uji validitas dan reliabilitas dilakukan pada kuisioner untuk mengetahui konsistensi pertanyaan di kuisioner tersebut. Menariknya ada istilah semantic differential yang dilakukan juga untuk mengetahui kesan yang akan diberikan untuk pengguna ketika menggunakan produk troli dengan mekanisme mencari lawan kata dari setiap Kansei Word. Pengembangan dari hasil tersebut perlu juga dilakukan analisis faktor guna untuk memudahkan pembuatan konsep dengan klasifikasi kelompok Kansei Word pada beberapa bagian. Paparan hasil visualisasi produk ditampilkan dengan menggunakan 3D CAD, alur kerja berikutnya setelah dilakukan analisis faktor selanjutnya yaitu menggunakan struktur pohon seperti yang dilakukan pada Kansei Engineering Tipe 1 untuk mengetahui spesifikasi seperti material, struktur, ukuran, fitur serta mekanisme. Diperoleh spesifikasi yang dibuat, maka hasil rancangan desain troli dibuat dengan menggunakan CAD. Hal ini menjadi dasar pembuktian bahwa Kansei Engineering dapat digunakan oleh picker operator agar mempermudah melakukan manuver troli untuk picking produk di area gudang sesuai task yang mereka terima.
Unduhan
Referensi
Achjari, D. (2000). POTENSI MANFAAT DAN PROBLEM DI E-COMMERCE. In Jurnal Ekonomi dan Bisnis Indonesia (Vol. 15, Issue 3). http://www.amazon.com
Achjari, D. (2000). Potensi Manfaat Dan Problem Di E-Commerce. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Indonesia, 15(3), 388–395.
Boysen, N., de Koster, R., & Weidinger, F. (2019). Warehousing in the e-commerce era: A survey. In European Journal of Operational Research (Vol. 277, Issue 2, pp. 396–411). Elsevier B.V. https://doi.org/10.1016/j.ejor.2018.08.023
Li, J., Huang, R., & Dai, J. B. (2017). Joint optimisation of order batching and picker routing in the online retailer’s warehouse in China. International Journal of Production Research, 55(2), 447–461. https://doi.org/10.1080/00207543.2016.1187313
Nur, A., Mappasaile, F., Zulkarnain Muttaqien, T., & Pujiraharjo, Y. (2020). PERANCANGAN TROLI BELANJA DENGAN SEKAT BARANG BELANJAAN (STUDI KASUS: TRANSMART CARREFOUR BUAH BATU BANDUNG) SHOPPING TROLLEY DESIGN WITH GROCERIES PARTITION (CASE STUDY: TRANSMART CARREFOUR BUAH BATU BANDUNG).
Pemodelan Kansei Engineering Type I & Kansei Quality Management Untuk Peningkatan Kinerja Layanan Logistik. (2021).
Putra, G. S., Martini, S., & Iqbal, M. (2017). Perancangan Desain Troli Supermarket Menggunakan Implementasi Metode Kansei Engineering Design Supermarket Trolley Using Implementation Kansei Engineering Method. 4(2), 2453–2459.
Zhang, J., Wang, X., & Huang, K. (2016). Integrated on-line scheduling of order batching and delivery under B2C e-commerce. Computers and Industrial Engineering, 94, 280–289. https://doi.org/10.1016/j.cie.2016.02.001
Zyahri, M., & Purnomo, H. (2023). PENGEMBANGAN DESAIN PRODUK TROLLEY MENGGUNAKAN METODE KANO.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Journal Management SMC

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Internasional Journal of Disabilities and Social Inclusion (IJODASI) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Articles in this journal are Open Access articles published under the Creative Commons CC BY-NC-SA License This license permits use, distribution and reproduction in any medium for non-commercial purposes only, provided the original work and source is properly cited.
Any derivative of the original must be distributed under the same license as the original.