Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Pengetahuan Produk Customer Service Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Perusahaan Travelio

Authors

  • Zefanya Natalia Sekolah Tinggi Manajemen Pariwisata dan Logistik Lentera Mondial
  • Milawati Sekolah Tinggi Manajemen Pariwisata dan Logistik Lentera Mondial

DOI:

https://doi.org/10.3333/lbs.v11i2.99

Keywords:

kualitas pelayanan, pengetahuan produk, customer service, kepuasan pelanggan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Pengetahuan Produk Customer Service terhadap Kepuasan Pelanggan di Perusahaan Travelio. Permasalahan utama yang diidentifikasi adalah kurangnya Kualitas Pelayanan dan Pengetahuan Produk Customer Service di Perusahaan Travelio yang berdampak pada Pelanggan Travelio. Penelitian ini menggunakan 3 variabel yaitu Kualitas Pelayanan, Pengetahuan Produk Customer Service dan Kepuasan Pelanggan. Populasi pada penelitian ini adalah Pelanggan Travelio dengan jumlah sampel sebanyak 165 responden. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, data dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan kepada Pelanggan. Data di uji validitas dan reliabilitasnya, metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis regresi linear berganda dengan analisis data menggunakan IBM SPSS versi 27. Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel Kualitas Pelayanan, Pengetahuan Produk Customer Service memiliki pengaruh signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dr. Meithiana Indrasari, Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. (2019)

Dr. Rosnaini Daga, S.E., MM. Citra, Kualitas Produk dan Kepuasan Pelanggan. (2017)

Prof. J. Supranto,M.A.,APU. Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan. (2011)

Hermanto, SE.,S.Kep. Ns., MM., CRA. Faktor Pelayanan, Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan (2019)

Siti Marwiyah. Startegi dalam Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik di Era Digitalisasi (2023)

Dr. Drs. Ismail Nurdin, M.Si. Kualitas Pelayanan Publik ( Perilaku Aparatur dan Komunikasi Birokrasi dalam Pelayanan Publik (2019)

Muspiha, SE.,M.Si. Platform Digital Harga, Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pelanggan (2023)

Dr. Khamdan Rifa’i, S.E., M.Si. Kepuasan Konsumen (2023)

Dr. Dikdik Harjadi, S.E, M.Si. Experiental Marketing dan Kualita Produk dalam Kepuasan Pelanggan Generasi Milenial (2021)

Hardiyansyah. Kualitas Pelayanan Publik (2011)

Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Catering Ar-Risalah di Kota Bekasi Febi Rahmawati, P., Ekonomi dan Bisnis, F., & Bhayangkara Jakarta Raya, U. (2024). Hadita Hadita Neng Siti Komariah. 3(1), 10–21. https://doi.org/10.30640/digital.v3i1.2115

Magfirah, N., Tinggi, S., Bima, I. E., Aprianti, K., Ekonomi, I., Alamat, B., Wolter, J., Tolobali, M., & Bima, K. (2023). Pengaruh Pengetahuan Produk Dan Lifestyle Terhadap Minat Beli Produk Cream Glow & Lovely Di Kota Bima. 1(3), 184–198. https://doi.org/10.54066/jrea-itb.v1i3.292

Pengetahuan, P., Konsumen, P., Kepercayaan, D., Presepsi, R., Terhadap, N., Beli, S., Kasus, P., Konsumen, T., Di, S., Champion Febrianta, E., Basiya, R., & Semarang, U. S. (2023). The Effect Of Consumer Product Knowledge, Trust, And Risk Perception On Purchase Intention (Study On Consumer Tokopedia In Semarang)id 2 *Corresponding Author. In Management Studies and Entrepreneurship Journal (Vol. 4, Issue 6). http://journal.yrpipku.com/index.php/msej

Purba, M., Nasution, A. P., & Harahap, A. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk dan Reputasi Perusahaan terhadap Kepuasan Konsumen dengan Kepercayaan sebagai Variabel Moderasi. Remik, 7(2), 1091–1107. https://doi.org/10.33395/remik.v7i2.12268

Rhosid Saputro, A., & Tinggi Ilmu Manajemen YKPN Yogyakarta -Indonesia, S. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan pada Warunk Gacoan Colombo Sleman Yogyakarta (Vol. 1, Issue 2).

Rinov Cuhanazriansyah, M., & Giatman, M. (n.d.). Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan DANA pada masa Physical Distancing. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Sains Dan Humaniora, 5(2), 311–319.

Sikap, P., Pelayanan, K., Kepuasan, T., Johny, P., Lesnussa1, U., Warbal2, M., & Trinitas, S. (n.d.). LPPM STIA Said Perintah Volume 4, No. 1, Maret 2023 https://stia-saidperintah.e-journal.id/ppj. https://stia-saidperintah.e-journal.id/ppj

Susanti, T., & Rahmidani, R. (2022). Pengaruh Pengetahuan Produk dan Daya Tarik Promosi terhadap Minat Menggunakan Go-pay pada Kalangan Mahasiswa. Jurnal Ecogen, 5(2), 318. https://doi.org/10.24036/jmpe.v5i2.12871

Published

2025-09-04

How to Cite

Natalia, Z., & Milawati. (2025). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Pengetahuan Produk Customer Service Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Perusahaan Travelio. Jurnal Manajemen, Pariwisata Dan Logistik, 11(2), 73–89. https://doi.org/10.3333/lbs.v11i2.99

Most read articles by the same author(s)