Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Pengetahuan Produk Customer Service Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Perusahaan Travelio
DOI:
https://doi.org/10.3333/lbs.v11i2.99Kata Kunci:
kualitas pelayanan, pengetahuan produk, customer service, kepuasan pelangganAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Pengetahuan Produk Customer Service terhadap Kepuasan Pelanggan di Perusahaan Travelio. Permasalahan utama yang diidentifikasi adalah kurangnya Kualitas Pelayanan dan Pengetahuan Produk Customer Service di Perusahaan Travelio yang berdampak pada Pelanggan Travelio. Penelitian ini menggunakan 3 variabel yaitu Kualitas Pelayanan, Pengetahuan Produk Customer Service dan Kepuasan Pelanggan. Populasi pada penelitian ini adalah Pelanggan Travelio dengan jumlah sampel sebanyak 165 responden. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, data dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan kepada Pelanggan. Data di uji validitas dan reliabilitasnya, metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis regresi linear berganda dengan analisis data menggunakan IBM SPSS versi 27. Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel Kualitas Pelayanan, Pengetahuan Produk Customer Service memiliki pengaruh signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan.
Unduhan
Referensi
Dr. Meithiana Indrasari, Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. (2019)
Dr. Rosnaini Daga, S.E., MM. Citra, Kualitas Produk dan Kepuasan Pelanggan. (2017)
Prof. J. Supranto,M.A.,APU. Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan. (2011)
Hermanto, SE.,S.Kep. Ns., MM., CRA. Faktor Pelayanan, Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan (2019)
Siti Marwiyah. Startegi dalam Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik di Era Digitalisasi (2023)
Dr. Drs. Ismail Nurdin, M.Si. Kualitas Pelayanan Publik ( Perilaku Aparatur dan Komunikasi Birokrasi dalam Pelayanan Publik (2019)
Muspiha, SE.,M.Si. Platform Digital Harga, Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pelanggan (2023)
Dr. Khamdan Rifa’i, S.E., M.Si. Kepuasan Konsumen (2023)
Dr. Dikdik Harjadi, S.E, M.Si. Experiental Marketing dan Kualita Produk dalam Kepuasan Pelanggan Generasi Milenial (2021)
Hardiyansyah. Kualitas Pelayanan Publik (2011)
Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Catering Ar-Risalah di Kota Bekasi Febi Rahmawati, P., Ekonomi dan Bisnis, F., & Bhayangkara Jakarta Raya, U. (2024). Hadita Hadita Neng Siti Komariah. 3(1), 10–21. https://doi.org/10.30640/digital.v3i1.2115
Magfirah, N., Tinggi, S., Bima, I. E., Aprianti, K., Ekonomi, I., Alamat, B., Wolter, J., Tolobali, M., & Bima, K. (2023). Pengaruh Pengetahuan Produk Dan Lifestyle Terhadap Minat Beli Produk Cream Glow & Lovely Di Kota Bima. 1(3), 184–198. https://doi.org/10.54066/jrea-itb.v1i3.292
Pengetahuan, P., Konsumen, P., Kepercayaan, D., Presepsi, R., Terhadap, N., Beli, S., Kasus, P., Konsumen, T., Di, S., Champion Febrianta, E., Basiya, R., & Semarang, U. S. (2023). The Effect Of Consumer Product Knowledge, Trust, And Risk Perception On Purchase Intention (Study On Consumer Tokopedia In Semarang)id 2 *Corresponding Author. In Management Studies and Entrepreneurship Journal (Vol. 4, Issue 6). http://journal.yrpipku.com/index.php/msej
Purba, M., Nasution, A. P., & Harahap, A. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk dan Reputasi Perusahaan terhadap Kepuasan Konsumen dengan Kepercayaan sebagai Variabel Moderasi. Remik, 7(2), 1091–1107. https://doi.org/10.33395/remik.v7i2.12268
Rhosid Saputro, A., & Tinggi Ilmu Manajemen YKPN Yogyakarta -Indonesia, S. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan pada Warunk Gacoan Colombo Sleman Yogyakarta (Vol. 1, Issue 2).
Rinov Cuhanazriansyah, M., & Giatman, M. (n.d.). Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan DANA pada masa Physical Distancing. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Sains Dan Humaniora, 5(2), 311–319.
Sikap, P., Pelayanan, K., Kepuasan, T., Johny, P., Lesnussa1, U., Warbal2, M., & Trinitas, S. (n.d.). LPPM STIA Said Perintah Volume 4, No. 1, Maret 2023 https://stia-saidperintah.e-journal.id/ppj. https://stia-saidperintah.e-journal.id/ppj
Susanti, T., & Rahmidani, R. (2022). Pengaruh Pengetahuan Produk dan Daya Tarik Promosi terhadap Minat Menggunakan Go-pay pada Kalangan Mahasiswa. Jurnal Ecogen, 5(2), 318. https://doi.org/10.24036/jmpe.v5i2.12871
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Journal Management SMC

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Internasional Journal of Disabilities and Social Inclusion (IJODASI) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Articles in this journal are Open Access articles published under the Creative Commons CC BY-NC-SA License This license permits use, distribution and reproduction in any medium for non-commercial purposes only, provided the original work and source is properly cited.
Any derivative of the original must be distributed under the same license as the original.