Tugas dan Tanggung Jawab Sekretaris Sebagai Master Of Ceremony dalam Meningkatkan Kualitas Acara Studi Kasus PT. Unilever Indonesia Tbk

Authors

  • Laurensius Reinald Diansilves Due Sekolah Tinggi Manajemen Pariwisata dan Logistik Lentera Mondial
  • Agnes Vicky Sekolah Tinggi Manajemen Pariwisata dan Logistik Lentera Mondial

Keywords:

Sekretaris, Master of Ceremony (MC), Tanggung Jawab, Kualitas Acara

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi peran dan tanggung jawab seorang sekretaris yang juga bertindak sebagai pembawa acara utama (MC) dalam meningkatkan kualitas suatu acara. Melalui pendekatan kualitatif, penelitian ini menganalisis bagaimana sekretaris sebagai MC dapat mempengaruhi pengalaman peserta acara dan kesuksesan keseluruhan acara. Metode penelitian melibatkan wawancara mendalam dengan beberapa sekretaris yang memiliki pengalaman dalam memimpin acara-acara besar. Temuan menyoroti pentingnya persiapan yang matang, kemampuan komunikasi yang kuat, serta kemampuan manajerial dan kreativitas dalam menciptakan pengalaman yang berkesan bagi peserta acara. Implikasi penelitian ini adalah bahwa sekretaris memiliki peran krusial dalam memastikan kesuksesan suatu acara melalui perannya sebagai MC, dan rekomendasi disajikan untuk meningkatkan kualitas acara melalui peningkatan keterampilan dan pemahaman sekretaris dalam peran ganda mereka.

Kata kunci: Sekretaris, Master of Ceremony (MC), Tanggung Jawab, Kualitas Acara

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arief, E. (2012). “Performance” Pembawa Acara yang Profesional. Komposisi: Jurnal Pendidikan Bahasa, Sastra, dan Seni, 10(1).

Asmani, J. M. M. (2011). Tuntunan Lengkap Metodologi Praktis Pendidikan.

Dedy Mulyana, Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar, (Bandung: Remaja Rosda Karya, 2014)

Dinara & Dewi, Buku Ajar Public Speaking (Madura: Universitas Trunojoyo, 2012).

Dr, P. (2008). Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. CV. Alfabeta, Bandung, 25.

Fitria, R. A. (2021). Master of Ceremony (MC) untuk meningkatkan potensi diri bagi siswa SMKN 49 Jakarta Utara. IKRA-ITH ABDIMAS, 4(2), 74-78.

Girsang, L. R. M. (2018). ‘Public Speaking’Sebagai Bagian Dari Komunikasi Efektif (Kegiatan Pkm Di Sma Kristoforus 2, Jakarta Barat). Jurnal Pengabdian dan Kewirausahaan, 2(2).

Jalaludin Rahmat, Public Speaking Kunci Sukses Bicara Di Depan Public, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2014)

Pajar Pahrudin, Pengantar Ilmu Public Speaking, Ed.1, (Yogyakarta: ANDI, 2020).

Maya Rachmawaty, Semua Bisa Jadi MC Asal Tau Caranya!, Cet ke 1 (Yogyakarta: CV. Nas Media Pustaka, 2022), hal. 112-115.

Musman, A. (2018). Anti Panik Berbicara di Depan Umum. Anak Hebat Indonesia.

Nurudin, Pengantar Komunikasi Massa, Cet. Ke-2, (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2007).

Downloads

Published

2024-03-07

How to Cite

Laurensius Reinald Diansilves Due, & Agnes Vicky. (2024). Tugas dan Tanggung Jawab Sekretaris Sebagai Master Of Ceremony dalam Meningkatkan Kualitas Acara Studi Kasus PT. Unilever Indonesia Tbk. Jurnal Lemondial Business School, 9(4). Retrieved from https://e-journal.lemondial.ac.id/index.php/smc/article/view/50